6 Masalah Akibat Kebanyakan Cuka Apel

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan cuka apel alias apple cider vinegar. Bahan herbal serba guna ini katanya punya segudang efek positif bagi kesehatan. Tak digunakan dicampur ke makanan, minuman, atau bahan rendaman daging, cuka apel juga sering diminum seketika yang katanya bagus untuk diet. Ada sebagian alhasil pada tubuh sekiranya kebanyakan cuka apel.

  • Sebagian manfaat cuka apel untuk kesehatan yang diketahui adalah:
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menurunkan risiko penyakit jantung akibat bermain slot online
  • Membunuh kuman
  • Menurunkan berat badan
  • Menjaga kecantikan kulit

Sedangkan klaim manfaatnya cukup banyak, tapi penelitian yang ada kebanyakan objeknya adalah tikus dengan diabetes untuk kontrol gula darah. Karena kurangnya bukti pada manusia, Anda sebaiknya waspada pada kemungkinan efek samping yang bisa muncul.

Ini Akibat sekiranya kebanyakan cuka apel

Cuka apel awam dicampurkan ke dalam makanan atau minuman, atau untuk memasak. Itu lazimnya pemakaian bahan ini, banyak orang tidak sadar sekiranya sudah berlebihan dalam mengkonsumsi cuka apel.

Sebagian keadaan di bawah ini bisa terjadi sekiranya Anda kebanyakan cuka apel:

Dilema pada gigi
Asam pada cuka apel bisa merusak enamel (lapisan terluar gigi). Apabila diminum secara rutin, cuka apel bisa mengikis enamel sehingga perlindungan terhadap komponen dalam gigi berkurang.

“Minum cuka apel rutin bisa mengikis enamel, yang pada alhasil mengakibatkan kerusakan dan gigi berlubang. Risiko lebih tinggi sekiranya cuka apel diminum seketika tanpa dicampur apa bahkan,” kata Marily Oppezzo, PhD, MS, RD, dari Stanford Prevention Research Center seperti dikutip di Reader’s Digest, yang betugas untuk memantau pergerakan situs www sbobet88 terpercaya.

Untuk melindungi gigi, dia memberi masukan untuk mencampurkan cuka apel dengan air, atau dengan madu untuk meningkatkan rasa.

Perut kekenyangan
Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, cuka apel bisa memperlambat proses pencernaan di lambung. Walhasil, pengosongan isi lambung ke dalam usus menjadi lebih lambat.

“Situasi tersebut bisa memunculkan gejala perut kekenyangan, disertai rasa panas di dada, dan mual. Selain itu, pencernaan yang melambat juga bisa bikin nafsu makan turun,” jelasnya.

Nyeri ulu hati
Diinfokan dari Medical News Today, keadaan yang juga disebut sebagai heartburn ini juga bisa memperparah gejala mag atau asam refluks.

Salah satu sistem untuk mengurangi potensi efek samping ini adalah dengan mencampurkan cuka apel ke salad sebagai dressing. Cara lainnya, jadikan sebagai perendam (marinasi) daging atau ikan. Mengurangi porsi konsumsinya juga harus dicoba.

Tulang keropos
Seorang wanita asal Jerman yang minum cuka apel sekitar secangkir sehari (dicampur dengan air dan dibuat dressing salad), dilarikan ke rumah sakit sebab mengalami kram otot parah. Ini dilaporkan regu dokter dalam jurnal “Nephron”.

Saat wanita tersebut diperiksa, rupanya dia mengalami tulang keropos alias osteoporosis. Regu dokter percaya bahwa ketika tubuh wanita tersebut mencoba menyeimbangkan tingkat cuka asam yang tinggi, kalsium dari tulangnya terkuras.

Penurunan kadar kalium
Menurut dr. Andika, walaupun penelitian tentang cuka apel dan penurunan kadar kalium masih minim, tapi kasusnya pernah terjadi pada seseorang yang mengkonsumsi cuka apel secara rutin dalam rentang panjang.

Interaksi obat
Ada sebagian interaksi obat yang perlu dipandang. Misalnya sekiranya sedang konsumsi obat jantung digoxin, kadar kalium dalam tubuh bisa drop. Karena insulin dan diuretik juga bisa menurunkan kadar kalium, mengombinasikan keduanya dengan cuka apel sekiranya tidak aman.

Apabila Anda mengaplikasikan obat-obatan tersebut, sebaiknya konsultasikan lebih-lebih dahulu dengan dokter Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *